jurnal artikel kewirausahaan


PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEBERHASILAN BERWIRAUSAHA
PADA ONLINE SHOP PRODUK KECANTIKAN SCARLETT WHITENING

Siti Rokmah Wulandari
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
Alamat : Jalan Muara RT 008 RW 03 Tanjung Barat, Jagakarsa-Jakarta Selatan

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pemanfaatan media sosial terhadap keberhasilan berwirausaha pada online shop scarlett whitening. Keberhasilan dalam berwirausaha tergantung pada cara yang digunakan dalam pemasarannya. Profit dalam suatu usaha juga tergantung pada strategi pemasaran yang dilakukan oleh wirausahawan. Di era globalisasi ini, salah satu strategi pemasaran yang memiliki manfaat untuk dilakukan adalah memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran dalam berwirausaha. Pemanfaatan media sosial dalam keberhasilan berwirausaha berimplikasi terhadap kinerja suatu bisnis.
Media sosial dapat digunakan sebagai salah satu sarana pemasaran yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat untuk mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan. Masyarakat saat ini sudah mulai meninggalkan model pemasaran konvensional dan mulai beralih ke pemasaran modern yaitu melalui media sosial seperti Instagram, shopee, lazada, OLX, dan bukalapak.
Tulisan ini mendeskripsikan pemanfaatan media sosial terhadap keberhasilan berwirausaha pada online shop produk kecantikan scarlett whitening. Tulisan ini mengkaji kewirausahaan melalui: (1) Pemanfaatan media sosial dalam strategi pemasaran; (2) Peran strategis media sosial dalam keberhasilan berwirausaha.
Kata kunci :  Keberhasilan berwirausaha, pemanfaatan media sosial, dan strategi pemasaran.




Abstract
This research aims to know and analyze the utilization of social media to the success of entrepreneurial on the online shop Scarlett whitening. Success in entrepreneurship depends on the way it is used in marketing. Profit in an effort also depends on the marketing strategy done by entrepreneurs. In this globalization era, one marketing strategy that has the benefit to do is to utilize social media as a marketing tool in entrepreneurial. The utilization of social media in entrepreneurial success implicates the performance of a business.
Social Media can be used as one of the marketing tools that are currently being attracted by the public to support the various activities undertaken. Today's community has begun abandoning conventional marketing models and began to shift to modern marketing through social media such as Instagram, Shopee, Lazada, OLX, and Bukalapak.
This paper describes the utilization of social media to the success of entrepreneurial in the online shop beauty Scarlett Whitening products. This paper examines entrepreneurship through: (1) The utilization of social media in marketing strategies; (2) The strategic role of social media in entrepreneurial success.
Keywords: entrepreneurial success, social media utilization, and marketing strategies













PENDAHULUAN
Latar Belakang
Persaingan global yang semakin terbuka seperti sekarang ini, banyak tantangan yang harus dihadapi dalam berwirausaha. Setiap Negara harus mampu bersaing dengan menonjolkan keunggulan sumber daya masing-masing. Sumber-sumber ekonomi dapat diberdayakan apabila Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup. Ada beberapa hal yang melatarbelakangi hal tersebut, diantaranya minimnya pengetahuan, minimnya keterampilan, sempitnya lapangan pekerjaan serta kurangnya perhatian dari pemerintah untuk menciptakan lapangan pekerjaan.
Kewirausahaan diyakini dapat menjadi faktor pendorong kemajuan suatu negara. Hal tersebut dapat dipahami karena sejumlah kecil wirausahawan dapat menciptakan lapangan pekerjaan kepada yang lainnya sehingga memberikan efek positif bagi perekonomian. Namun, sebelum seseorang memulai atau menciptakan suatu usaha, harus dan wajib baginya dalam meningkatkan pemahaman kewirausahaannya terkait usaha apa yang akan dirintis, bagaimana cara mengelolanya, strategi apa yang dibutuhkan dalam menunjang keberhasilan, bagaimana mengantisipasi dan mengatasi suatu problematika yang muncul, dan lainnya. Disinilah pentingnya pengetahuan kewirausahaan yang dapat menjadi bekal sebelum memulai usaha. Pengetahuan itu dapat berupa konsep kewirausahaan, pola pikir, sikap, dan perilaku seorang dalam berwirausaha.
Apakah pengetahuan dalam kewirausahaan menjadi satu-satunya faktor penentu  keberhasilan dalam berwirausaha?. Menurut Kalla (2011), pengetahuan penting untuk mempersiapkan calon wirausahawan, namun demikian pengetahuan tidak serta merta akan melahirkan seorang wirausahawan (Nursito dan Nugroho, 2013). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat faktor lain yang dapat menunjang keberhasilan dalam berwirausaha, yaitu strategi pemasaran dalam berwirausaha.
Menurut Zimmerer (2008), ada 8 faktor pendorong pertumbuhan kewirausahaan, salah satu diantaranya adalah kemajuan teknologi (Nordiana, 2014). Penggunaan teknologi dalam kewirausahaan akan memberikan banyak manfaat yang positif bagi keberhasilaan berwirausaha serta memberikan banyak  kemudahan dalam mengakses informasi, perluasan jaringan dan juga untuk berkomunikasi. Maka dari itu, kemunculan media sosial dapat menjadi solusi yang efektif dan memiliki manfaat dalam menjalankan usaha berbasis pemasaran melalui teknologi modern, seperti Facebook, Instagram, Shopee, Lazada, OLX, Bukalapak, dll.
Salah satu contoh produk yang dipasarkan menggunakan strategi media sosial adalah produk kecantikan dari scarlett whitening yang saat ini sedang menjadi produk keunggulan pada masalah kecantikan dalam merawat kulit. Scarlett whitening yang sedang banyak digemari oleh kaum perempuan ini mampu memasarkan dengan sukses menggunakan media sosial. Pemasaran produk scarlett whitening ini memanfaatkan lebih dari satu media sosial yaitu Facebook, Instagram, Lazada, dan Shopee. Produk kecantikan scarlett whitening ini mampu membaca peluang penggunaan media sosial dikalangan masyarakat saat ini.
Kemajuan dan kecanggihan yang disuguhkan di situs jejaring sosial tersebut berfungsi sebagai sarana dalam melakukan kegiatan promosi, sehingga dengan mudah untuk saling bertukar informasi kepada siapa saja melalui fasilitas yang sudah ada. Dengan rendahnya anggaran yang harus dikeluarkan untuk mempromosikan produk yang dijual tentu ini merupakan nilai plus sebagai sarana promosi produk yang efisien dan rendah biaya.
Bagi seorang yang memiliki fokus untuk pengembangan dan keberhasilan dalam wirausaha, dari penelitian ini penulis melihat bagaimana manfaat media sosial terhadap keberhasilan berwirausaha pada online shop produk kecantikan scarlett whitening. Bagaimana peran strategis media sosial dalam keberhasilan berwirausaha, dan bagaimana Pemanfaatan media sosial dalam strategi pemasaran.

TUJUAN PENELITIAN
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pemanfaatan media sosial terhadap keberhasilan berwirausaha pada online shop produk kecantikan scarlett whitening.

TINJAUAN PUSTAKA
Media Sosial
Media baru adalah tempat dimana saluran pesan komunikasi terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelit meningkat penggunaan jaringan kabel dan komputer; keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang semakin meningkat; semakin seringnya terjadi komunikasi interaktif (dua sisi); dan juga meningkatnya derajat fleksibilitas untuk menentukan bentuk dan konten melalui digitalisasi dari pesan. Media baru ini juga terkait dengan network atau jaringan, dimana terdapat kecenderungan dalam network society hubungan itu sendiri merupakan hal yang terpenting dibanding faktor-faktor atau unit dimana bereka terhubung. Hal ini disebut hubungan artikulasi. Hubungan menguap pada permukaan setiap sub-sistem yang ada dalam masyarakat. Mereka mulai tersadar karena kombinasi dari sosial dan jaringan media. Efeknya berpengaruh pada perubahan ekonomi, politik, pemerintahan, budaya dan gaya hidup sehari- hari (Paramita, 2016).           
Media sosial adalah sebuah media online dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi : blog, sosial networking, wiki, forum dan dunia maya. Blog, sosial networking, dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia (Alamsyah et al., 2007)
Peran media sosial semakin diakui dalam mendongkrak kinerja bisnis. Media sosial memungkinkan bisnis kecil dapat mengubah cara berkomunikasi dengan pelanggan, memasarkan produk dan jasa serta saling berinteraksi dengan pelanggan yang bertujuan untuk membangun hubungan yang baik (Rahayu & Laela, 2018).
Wirausaha
Kewirausahaan merupakan kemampuan kreatif dan inovatif, jeli melihat peluang dan selalu terbuka untuk setiap masukan dan perubahan yang positif yang mampu membawa bisnis terus bertumbuh serta memiliki nilai. Tujuan kewirausahaan sosial adalah terwujudnya perubahan sosial ke arah yang lebih baik atau positif dan memecahkan masalah sosial untuk kepentingan masyarakat. (Rintan Saragih, 2017).
Manfaat dari kewirausahaan sosial adalah untuk membangun sebuah bisnis sebagai solusi untuk permasalahan sosial ekonomi, pendidikan, lingkungan dan berbagai permasalahan yang telah menjadi tantangan dunia (Rintan Saragih, 2017).


Minat Berwirausaha
Minat adalah kecenderungan dan keinginan yang besar terhadap sesuatu yang terdiri dari suatu perasaan senang, harapan, perasaan tertarik, yang muncul karena kemauan dan kecendrungan- kecendrungan yang lain yang mengarahkan seseorang kepada suatu pilihan atau motif. (Rahayu & Laela, 2018).
Minat wirausaha adalah keinginan, ketertarikan, serta kesediaan untuk bekerja keras atau berkemauan untuk berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa merasa takut akan risiko yang akan dihadapi, belajar dari kegagalan yang dialami, serta mengembangkan usaha yang diciptakannya.(Rahayu & Laela, 2018)
Keuntungan Berwirausaha
Beberapa faktor yang menunjang perkembangan usaha wanita dalam berwirausaha, antara lain: (1) Naluri wanita yang bekerja lebih cermat, pandai mengantisipasi masa depan, mejaga keharmonisan, kerjasama dalam rumah tangga dapat diterapkan dalam kehidupan usaha (2) Mendidik anggota keluarga agar berhasil di kemudian hari, dapat dikembangkan dalam personel manajemen perusahaan (3) Faktor adat istiadat, contohnya di Bali dan Sumatera Barat di mana wanita memegang peranan dalam megatur ekonomi rumah tangga (4) Lingkungan kebutuhan hidup seperti kecantikan, fashion, jahit menjahit, kosmetika mendorong lahirnya wanita pengusaha yang mengembangkan komiditi tersebut dan (5) Majunya dunia pendidikan wanita sangat mendorong perkembangan wanita menjadi pegawai atau membuka usaha sendiri di berbagai bidang (Munfaqiroh, 2016).
Kendala Berwirausaha
Selanjutnya ada beberapa kendala atau hambatan dalam menjalankan usaha antara lain:(1) Terlalu banyak pikiran (2) Empati berlebihan (3) Manajemen bisnis dan (4) Takut gagal (Munfaqiroh, 2016).

Dari tinjauan pustaka di atas dapat disimpulkan bahwa media sosial memiliki peran penting dalam berwirausaha. Dimana masyarakat saat ini banyak menggunakan media sosial sebagai melakukan transaksi dengan mudah. Dalam berwirausaha seorang wirausahawan harus mempunyai kemauan yang besar dan memiliki daya kreatif dan inovatif yang tinggi untuk mencapai keberhasilan dalam berwirausaha. Dalam berwirausaha tentunya memiliki keuntungan dan kendala. Dimana seorang wirausahawan harus dapat bangkit dalam mengalami kendala.

PEMBAHASAN
Pemanfaatan Media Sosial dalam Strategi Pemasaran
Kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda melalui pemikiran yang berbeda yaitu pemikiran kreatif dan tindakan inovatif demi terjadinya peluang. Mereka yang menjadi wirausaha adalah orang-orang yang mengenal potensi dan mampu belajar mengembangkannya untuk menangkap peluang serta mengorganisasi usaha dalam mewujudkan cita-citanya. Peluang usaha harus dimanfaatkan secara maksimal oleh wirausahawan. Wirausahawan harus mampu memperhatikan hal-hal yang menjadi faktor-faktor keberhasilan dalam  usaha yaitu sikap mental, manajemen, kepemimpinan, keterampilan praktis serta faktor politik, kepercayaan dan keamanan.
Untuk memulai usaha, seorang pemula harus ditopang dengan pengetahuan yang mumpuni terkait dengan apa itu kewirausahaan dan bagaimana menjalankannya karena tanpa pengetahuan dasar terkait kewirausahaan tersebut maka pelaku wirausaha tidak akan tahu bagaimana cara memulai menjalankan bisnis mereka. Suksesnya suatu usaha dapat dihasilkan oleh pelaku usaha serta dari lingkungan eksternalnya. Hal yang harus diperhatikan dalam berwirausaha adalah bagaimana memanfaatkan peluang dengan baik, sehingga dapat menjalankan tugas sesuai dengan kondisi pasar.
Kemampuan usaha memiliki peranan yang sangat penting dalam menjalankan suatu usaha dan berdampak pada keberhasilan usaha. Namun, di dalam mempengaruhi keberhasilan usaha tersebut harus dapat berjalan bersama-sama dengan kemampuan lainnya. Seorang wirausaha yang memiliki keterampilan usaha memadai, sulit untuk bisa meningkatkan keberhasilan usahanya. tanpa memiliki kemauan kuat dari dalam untuk melakukan aktivitasnya atau kata lain adalah sikap dari seorang wirausahawan itu sendiri. Begitu juga jika seorang wirausaha memiliki keamauan yang tinggi, akan sulit untuk meningkatkan keberhasilan usahanya tanpa memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk bekerja. Seseorang dapat dikatakan seorang wirausaha yang baik dan sukses, tentu memiliki ciri-ciri wirausaha sebagai berikut:
1.      Memiliki keberanian  dan mempunyai daya kreasi
Seorang wirausaha haruslah memiliki keberanian dalam memiliki daya kreasi atau tidak takut untuk bermimpi. Segala ketakutan akan menjadi suatu hal yang sia-sia dalam bermimpi dan berencana. Setidaknya harus diingat STOP (Stop “berhenti”, Think “berpikir”, Observation “observasi, dan Plan “rencana”) apabila terjadi hal-hal yang membuat ide tersebut tertunda.
2.      Berani mengambil risiko
Seseorang dikatakan wirausaha apabila memiliki sifat berani mengambil risiko,  hal ini tentu saja harus sejalan  dengan perencanaan yang sebelumnya telah dilakukan serta pengamatan yang dilakukannya  terhadap ide yang dimilikinya.
3.      Memiliki semangat dan kemauan yang besar
Seorang dapat dikatakan wirausaha selain berani mengambil risiko haruslah memiliki semangat dan kemauan yang besar untuk sukses.
4.      Memiliki analisis yang tepat
Seseorang dapat dikatakan wirausaha apabila memiliki pengetahahuan yang tepat untuk membuat analisis yang tepat, diusahakan mendekati 100% benar. 
5.      Tidak konsumtif
Ini adalah penyakit untuk masa sekarang. Seorang wirausaha haruslah tidak konsumtif atau setidaknya konsumsinya jauh lebih sedikit dari penghasilannya.
6.      Memiliki jiwa pemimpin
Jiwa pemimpin harus dimiliki seorang wirausaha. Dengan ini mereka mampu mengembangkan usaha menjadi lebih maju.
7.      Berorientasi pada masa depan
Seorang wirausaha yang inovatif dan kreatif akan memiliki ciri-ciri wirausaha yang lain maka seorang wirausaha akan memiliki kemampuan ini.
Keberhasilan dalam berwirausaha tergantung pada cara yang digunakan dalam pemasarannya. Profit dalam suatu usaha juga tergantung pada strategi pemasaran yang dilakukan oleh wirausahawan. Di era globalisasi ini, salah satu strategi pemasaran yang memiliki manfaat untuk dilakukan adalah memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran dalam berwirausaha. Pemanfaatan media sosial dalam keberhasilan berwirausaha berimplikasi terhadap kinerja suatu bisnis.
Media sosial dapat digunakan sebagai salah satu sarana pemasaran yang saat ini sedang banyak banyak diminati oleh masyarakat untuk mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan. Masyarakat saat ini sudah mulai meninggalkan model pemasaran konvensional/tradisional dan mulai beralih ke pemasaran modern yaitu melalui media sosial. Dengan media sosial, komunikasi dan transaksi dapat dilakukan setiap waktu atau real time dan bias mengglobal atau mendunia.
Selain itu, media sosial sebagai sebuah media online dengan berbagai fitur kemudahan yang ditawarkan untuk penggunanya. Maka dari itu media sosial sangat mudah untuk menjangkau masyarakat yang sudah meninggalkan model pemasaran yang konvensional ini. Strategi pemasaran melalui media sosial ini sangat memiliki manfaat bagi wirausahawan. Seperti produk kecantikan scarlett whitening yang memiliki strategi pemasarannya melalui media sosial sangat berdampak positif untuk mengenalkan produk kecantikannya pada masyarakat yang aktif menggunakan media sosial tanpa harus menawarkan produknya melalui door to door.
Berhasil atau tidaknya strategi pemasaran yang ditawarkan oleh wirausahawan bergantung pada bagaimana kinerja yang sudah dilakukan oleh wirausahawan itu sendiri. Selain itu dari bagaimana seorang wirausaha memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya. Oleh karena itu seorang wirausaha harus bisa memahami kondisi pasar saat ini. Penggunaan  sumber daya yang efektif dan efisien mampu untuk menentukan kinerja seorang wirausahawan. Seorang wirausaha memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan praktek mereka juga bervariasi. Karena itu penting untuk memahami hubungan antara karakteristik seorang wirausaha dengan kinerja pemasaran suatu produk melalui strategi.
Promosi adalah kegiatan dalam pemasaran yang dilakukan dengan cara memperkenalkan barang kepada masyarakat dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Promosi merupakan salah satu untuk mempengaruhi konsumen, baik langsung maupun tidak langsung. Sehubungan dengan teknologi, promosi di sini dilakukan melalui online sehingga efektifitas kinerja bisnis tercapai, ditambah lagi dengan penggunaan tenaga dan modal yang lebih sedikit.
Susrini mengemukakan tentang beberapa keuntungan memiliki bisnis online, yaitu:
1.      Modal yang dibutuhkan untuk membuat took online sangat minim, kita hanya butuh aplikasi e-commerce (banyak yang tersedia gratis) dan biaya koneksi internet.
2.      Untuk komponen tempat, took online bisa memanfaatkan tempat (domain dan hosting) yang tersedia gratis di internet. Tetapi jika memilih tempat yan berbayar, biaya yang dibutuhkan kurang lebih Rp 600.000 pertahun. Jauh lebih murah dari sewa took fisik.
3.      Took online punya jangkauan yang lebih luas dibandingkan took fisik.
4.      Waktu operasional tidak terbatas.
Salah satu strategi yang mendukung dalam pengembangan usaha, dapat dilakukan dengan membuat website, ada dua hal yang sangat penting yaitu “Domain” dan “Hosting”. Domain yaitu identitas sebuah website di internet. Domain biasanya didapat dengan cara membeli dari lembaga pengelola domain atau para reseller domain. Hosting adalah tempat untuk menyimpan data dan file website disebuah server yang terhubung dengan jaringan internet. Biasanya website mempunyai link ke Facebook dan Twitter. Strategi ini penting, karena perusahaan menggunakan media sebagai tempat promosi yang jangkauannya lebih luas dibandingkan dengan yang tidak menggunakannya.

Peran  Media Sosial dalam Keberhasilan Berwirausaha
Hal terbaru yang didapat dari bab kajian teori menurut para ahli yang dikaitkan dengan judul Pemanfaatan Media Sosial terhadap Keberhasilan Berwirausaha pada Produk Kecantikan Scarlett Whitening yaitu bahwa peran media sangat memiliki manfaat untuk melakukan strategi pemasaran. Karena selain memberi informasi kepada konsumen yang berupa teks, gambar, audio, dan video seorang wirausahawan juga memperkenalkan produk yang di jualnya untuk menarik perhatian konsumen.
Strategi pemasaran melalui media sosial ini  merupakan strategi yang efektif dan penting. Karena melakukan penjualan menggunakan media sosial sebagai tempat untuk promosi jangkauannya lebih luas dibandingkan dengan berjualan tanpa menggunakan media sosial. Manfaat yang dirasakanpun cukup banyak antara lain sebagai alat promosi produk atau jasa, memperluas akses kepada konsumen agar lebih banyak lagi, memudahkan transaksi untuk meningkatkan penjualan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi media sosial sebagai strategi pemasaran yang digunakan oleh produk kecantikan scarlett whitening ini alat yang paling efektik untuk pemberdayaan dari produk kecantikan tersebut.
Teknologi informasi saat ini sangat berpengaruh terhadap kepentingan strategi pemasaran suatu bisnis. Strategi pemasaran dapat dilakukan dengan media yang tepat untuk bisa meraih pasar yang di tuju sehingga volume penjualan selalu meningkat dan profit. Strategi pemasran yang tepat akan mendukung keberhasilan suatu usaha, menjadikan lebih efekjtif dan efisien sesuai dengan STP (segmentasi, target pasar, positioning) yang dituju oleh suatu bisnis tersebut.
Kemampuan berwirausaha seseorang memiliki peranan yang sangat penting terhadap keberhasilan usaha. Selain memiliki kemampuan ada hal yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha yaitu kemauan kuat dari pelaku wirausaha untuk melalukan aktivitasnya terhadap produk yang sudah dijualnya, hal ini lebih kepada sikap pelaku wirausaha dalam menjalankan usahanya karena keterampilan usaha saja tidak akan cukup. Begitu juga sebaliknya jika hanya memiliki kemauan tanpa memiliki keterampilan dan pengetahuan kerja maka tidak akan cukup juga.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam berwirausaha yaitu:
1.      Kemauan keras dan memiliki tekad yang kuat, artinya sebuah usaha akan sukses dijalankan ketika pelaku wirausaha menjalankan usahanya dengan memiliki tekad, semangat, dan kemauan yang keras. Ketika ketiga hal ini dijalankan bersamaan, maka pelaku wirausaha akan tetap optimis dalam menjalankan usahanya meskipun usahanya sedang kacau. Pelaku usaha akan selalu termotivasi untuk sukses sehingga mau untuk belajar lagi. Ini merupakan bekal yang sangat penting untuk keberhasilan wirausaha.
2.      Memiliki modal yang cukup, artinya memiliki modal untuk menjalankan dan mengembangkan suatu usaha itu perlu. Karena modal merupakan komponen utama dalam berwirausaha yang tidak bisa tergantikan oleh apapun. Jadi, sebelum memulai usaha sebaiknya calon pelaku wirausahawan sudah memiliki modal yang cukup untuk usaha yang akan dijalani agar kedepannya bisa berjalan dengan lancer.
3.      Tahu persis akan target pasar, seorang wirausahawan harus tahu siapa yang menjadi target pasarnya. Dalam hal ini, target pasar yang tepat merupakan faktor yang juga menentukan berhasil tidaknya wirausaha.
4.      Pelayanan yang baik, sebuah usaha yang siap berkembang adalah usaha yang memiliki pelayanan yang baik. Ketika seorang wirausaha ramah dan baik kepada konsumen, maka akan mudah untuk mendapatkan pelanggan yang loyal.
5.      Networking yang luas, networking inilah yang akan membuat usaha seorang wirausaha dikenal oleh orang lain, masyarakat, bahkan seluruh dunia. Networking juga memudahkan kita dalam berbisnis, untuk itulah mulai dari awal bangunlah networking anda seluas mungkin agar mengalami kelancaran dan kemudahan dalam menjalankan bisnis.
6.      Pemasaran yang efektif, pemasaran yang baik dan efektif juga dapat mempengaruhi keberhasilan sebuah usaha. Tentu dibutuhkan teknik marketing yang kuat untuk menjangkau pasar yang diinginkan. Oleh karena itu, pastikan teknik pemasaran sudah dikuasai oleh seorang wirausaha untuk memulai bisnisnya.
7.      Inovasi dan kerativitas tinggi, faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan kegiatan wirausaha adalah adanya inovasi dan juga kreativitas tinggi dalam membuat dan mengembangkan bisnis. Dalam berbisnis tentu aka nada banyak pesaing yang juga menjalankan bisnis yang sama. Untuk itulah, penting bagi seorang wirausaha untuk memiliki inovasi dan kreativitas agar produk kita berbeda dengan pesaing. Semakin kita kreatif dalam berbisnis, maka peluang untuk sukses pun semakin besar.
Online Shop Produk Kecantikan Scarlett Whitening
Perkembangan teknologi saat ini semakin canggih dan penyebarannya sangat cepat. Perkembangan teknologi memberikan pengaruh yang besar terhadap berbagai aspek kehidupan, salah satunya bidang bisnis. Dahulu sebelum munculnya internet, kegiatan jual beli dapat dilakukan dengan adanya pertemuan langsung antara penjual dan pembeli. Online shop adalah suatu tindakan menjual atau membeli produk dan layanan melalui internet. Di Indonesia sendiri online shop berkembang sekitar tahun 2000-an.
Dengan adanya online shop masyarakat semakin mudah dalam melakukan transaksi jual beli tanpa harus bertatap muka. Online shop tentunya memiliki manfaat  yaitu, kegiatan berbelanja menjadi lebih mudah dan praktis, membutuhkan modal yang relative kecil bagi penjualnya,  dapat menjalankan pekerjaan lain, kemudahan dalam melakukan transaksi, dan keamanan dalam melakukan transaksi.
Selain memiliki manfaat tentu saja online shop memiliki kelebihan dan kekurangan, dimana keberadaan online shop memberikan daya Tarik sendiri bagi kehidupan masyarakat. Bahkan, sebagian orang gemar melakukan aktivitas berbelanja online daripada harus belanja konvensional. Meskipun banyak kelebihan yang ditawarkan oleh online shop, namun ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh online shop. Berikut ini kelebihan dan kekurangan online shop:
Kelebihan Online Shop:
1.      Memberikan kenyamanan
2.      Dapat membandingkan harga terbaik
3.      Banyak variasi
4.      Menghemat waktu dan tenaga
Kekurangan Online Shop:
1.      Produk yang dijual tidak sesuai gambar
2.      Keterlambatan dalam pengiriman
3.      Resiko penipuan
4.      Pelayanan pelanggan
Salah satu produk online shop kecantikan yang ditawarkan dalam media sosial adalah produk kecantikan scarlett whitening. Memiliki kulit putih dan cerah ala bintang Korea sudah pasti menjadi dambaan setiap wanita. Sekarang ini yang sedang trend digunakan sebagai salah satu bahan produk whitening adalah gluthatione.
Gluthatione ini merupakan salah satu kandungan yang terdapat di produk scarlett whitening, produk whitening yang dirilis oleh artis Felicya Angelista yang sekarang sedang hits di sosial media. Produk scarlett whitening ini aman dan sangat simple. Produk tersebut terdiri dari tiga macam yang dapat digunakan, daily untuk mencerahkan kulit yaitu shower scrub, facial wash, dan body lotion.
Scarlett whitening shower scrub digunakan sebelum mandi, bermanfaat untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati diseluruh tubuh. Shower scrub scarlett whitening hadir dalam tiga varian warna dan aroma yaitu warna ungu dengan aroma pomegranate, warna kuning dengan aroma mango, dan aroma khas cucumber yang berwarna hijau. Ketiga pilihan tersebut memiliki khasiat  buah yang penting untuk kulit, selain itu aromanya yang elegan dan premium memberikan keharuman yang tahan lama meskipun berjam-jam setelah mandi. Scarlett whitening shower scrub memiliki tekstur cair dengan titik-titik scrub yang efektif dan efisien mengangkat sel kulit mati dan memberikan sensani mandi ala princess.
Perawatan berikutnya dengan scarlett whitening fasial wash yang akan membersihkan wajah hingga pori-pori terdalam. Fasial wash ini mengandung bahan alami seperti aloe vera dan rose petals yang memberi kesejukan, menyegarkan, dan melembutkan kulit. Gluthatione yang bersifat mencerahkan, vitamin E untuk menutrisi, dan bahan alami lainnya yang sangat penting untuk kesehatan wajah. Teksture face wash nya berupa gel yang lembut diaplikasikan dikulit wajah.
Scarlett whitening body lotion hadir dengan 2 varian aroma elegan yaitu romansa dengan botol pink, dan fantasia dengan botol warna hijau muda. Body lotion ini sangat ampuh memutihkan kulit tubuh bahkan sejak pemakaian pertama, dapat melindungi dari polusi dan sinar UV, serta mencerahkan sepanjang hari.
Pengguna produk kecantikan scarlett whitening ini tidak dapat dipresentasikan karena tidak ada yang valid mengenai pengguna produk kecantikan ini. Namun, dapat dilihat dari jumlah pengikut dalam akun Instagram scarlett whitening yang berjumlah 1,1 juta pengikut. Banyaknya pengikut yang dimiliki akun Instagram scarlett whitening bisa menjadi tolok ukur jumlah peminat produk scarlett whitening. Jumlah yang fantastis itu membuktikan bahwa masyarakat yang lebih dari 1 juta pengikut tertarik pada produk scarlett whitening.
Penulis tertarik untuk mencari tahu pemanfaatan media sosial terhadap keberhasilan berwirausaha pada online shop produk kecantikan scarlett whitening karena banyaknya peminat yang menggunakan produk tersebut.








SIMPULAN DAN SARAN
Simpulan
Dalam pengembangan kewirausahaan, baik untuk pelaku wirausaha pemula maupun yang sudah berpengalaman dalam mengelola usah, kemampuan dari seorang wirausaha menjadi peranan yang  sangat penting terhadap keberhasilan suatu usaha. Kemampuan itu tidak dapat dalam proses yang pendek melainkan proses yang memiliki waktu yang panjang seperti harus mengalami jatuh bangun  terlebih dahulu. Sedangkan pemanfaatan media sosial menjadi salah satu strategi penting dalam melakukan pemasaran yang tepat untuk mendukung sebuah keberhasilan suatu bisnis. Hal ini tentunya didasari oleh pengetahuan dan kemampuang seorang wirausaha dalam menganalisis target pasar serta mampu memanfaatkan alat komunikasi sebagai strategi pemasarannya. Karena semakin hari kemajuan teknologi ini semakin canggih perkembangannya dan berimplikasi terhadap pemanfaatan media sosial dalam mengelola usaha untuk mencapai keuntungan penjualan produk melalui aplikasi yang sedang digemari oleh masyarakat saat ini.
Seperti produk kecantikan scarlett whitening yang berhasil menjadi dambaan bagi setiap kaum wanita untuk memanjakan kulit tubuhnya. Scarlett whitening ini memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran produknya. Alhasil produk kecantikan ini banyak dikenal oleh masyarakat karena pemanfaatan media sosialnya dan cara mengajak masyarakat untuk menggunakan produknya. Promosi yang dilakukan oleh scarlett whitening ini di media sosial sangat kreatif dan inovatif. Tidak salah jika produk ini selalu muncul di berbagai media sosial karena kekonsistenannya dalam mempromosikan produknya dan melahirkan distributor-distributor yang lain untuk membuka usaha scarlett whitening ini.
Saran
Berdasarkan simpulan di atas yaitu bahwa melakukan strategi pemasaran dengan media sosial sangat memiliki peran yang penting. Oleh karena itu, seorang wirausaha harus mampu membaca target pasar karena hal ini dapat menentukan berhasil tidaknya sebuah usaha. Sebagai seorang wirausaha harus mampu mengikuti tren pasar saat ini dan mempunya strategi pemasaran bukan hanya konvensional saja melainkan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini seperti penggunaan media sosial yang sekarang banyak sekali diminati oleh masyarakat pada umumnya.





DAFTAR PUSTAKA .
Alamsyah, M. I., Studi, P., Sekolah, A., Ilmu, T., Indonesia, E., Sosial, M., & Awarenes, B. (2007). Pengaruh inovasi produk dan media sosial terhadap brand awareness. (448), 169–187.
Munfaqiroh, S. (2016). Faktor yang mempengaruhi wirausaha wanita miskin untuk mencapai keberhasilan ksaha. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 10, 57–65. https://doi.org/10.32812/jibeka.v10i2.74
Paramita, S. (2016). Entrepreneurship dan new media pada generasi muda. Kaji Tindak Jurnal Pemberdayaan Masyaraka, 3(1), 1–8. Retrieved from http://lpkmv-untar.org/jurnal/index.php/kajitindak/article/view/35
Rahayu, E. S., & Laela, S. (2018). Pengaruh minat berwirausaha dan penggunaan sosial media terhadap kewirausahaan mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 203. https://doi.org/10.33370/jpw.v20i3.246
Rintan Saragih. (2017). Membangun usaha kreatif, inovatif dan bermanfaat melalui penerapan kewirausahaan. Jurnal Kewirausahaan, 3(DESEMBER), 26–34. Retrieved from http://jklmii.org










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sajak nestapa

Fatamorgana