jurnal artikel kewirausahaan
PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TERHADAP
KEBERHASILAN BERWIRAUSAHA
PADA ONLINE SHOP PRODUK KECANTIKAN
SCARLETT WHITENING
Siti
Rokmah Wulandari
Program
Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas
Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
Alamat
: Jalan Muara RT 008 RW 03 Tanjung Barat, Jagakarsa-Jakarta Selatan
Abstrak
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pemanfaatan media sosial
terhadap keberhasilan berwirausaha pada online shop scarlett whitening. Keberhasilan dalam berwirausaha tergantung pada
cara yang digunakan dalam pemasarannya. Profit dalam suatu usaha juga
tergantung pada strategi pemasaran yang dilakukan oleh wirausahawan. Di era
globalisasi ini, salah satu strategi pemasaran yang memiliki manfaat untuk
dilakukan adalah memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran dalam
berwirausaha. Pemanfaatan media sosial dalam keberhasilan berwirausaha
berimplikasi terhadap kinerja suatu bisnis.
Media
sosial dapat digunakan sebagai salah satu sarana pemasaran yang saat ini sedang
banyak diminati oleh masyarakat untuk mendukung berbagai kegiatan yang
dilakukan. Masyarakat saat ini sudah mulai meninggalkan model pemasaran
konvensional dan mulai beralih ke pemasaran modern yaitu melalui media sosial
seperti Instagram, shopee, lazada, OLX, dan bukalapak.
Tulisan
ini mendeskripsikan pemanfaatan media sosial terhadap keberhasilan berwirausaha
pada online shop produk kecantikan scarlett whitening. Tulisan ini mengkaji
kewirausahaan melalui: (1) Pemanfaatan media sosial dalam strategi pemasaran;
(2) Peran strategis media sosial dalam keberhasilan berwirausaha.
Kata
kunci : Keberhasilan berwirausaha,
pemanfaatan media sosial, dan strategi pemasaran.
Abstract
This
research aims to know and analyze the utilization of social media to the
success of entrepreneurial on the online shop Scarlett whitening. Success in
entrepreneurship depends on the way it is used in marketing. Profit in an
effort also depends on the marketing strategy done by entrepreneurs. In this
globalization era, one marketing strategy that has the benefit to do is to
utilize social media as a marketing tool in entrepreneurial. The utilization of
social media in entrepreneurial success implicates the performance of a
business.
Social
Media can be used as one of the marketing tools that are currently being
attracted by the public to support the various activities undertaken. Today's
community has begun abandoning conventional marketing models and began to shift
to modern marketing through social media such as Instagram, Shopee, Lazada,
OLX, and Bukalapak.
This
paper describes the utilization of social media to the success of
entrepreneurial in the online shop beauty Scarlett Whitening products. This
paper examines entrepreneurship through: (1) The utilization of social media in
marketing strategies; (2) The strategic role of social media in entrepreneurial
success.
Keywords:
entrepreneurial success, social media utilization, and marketing strategies
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Persaingan global yang semakin terbuka seperti
sekarang ini, banyak tantangan yang harus dihadapi dalam berwirausaha. Setiap
Negara harus mampu bersaing dengan menonjolkan keunggulan sumber daya
masing-masing. Sumber-sumber ekonomi dapat diberdayakan apabila Sumber Daya
Manusia (SDM) memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup. Ada beberapa
hal yang melatarbelakangi hal tersebut, diantaranya minimnya pengetahuan,
minimnya keterampilan, sempitnya lapangan pekerjaan serta kurangnya perhatian
dari pemerintah untuk menciptakan lapangan pekerjaan.
Kewirausahaan diyakini dapat menjadi faktor
pendorong kemajuan suatu negara. Hal tersebut dapat dipahami karena sejumlah
kecil wirausahawan dapat menciptakan lapangan pekerjaan kepada yang lainnya
sehingga memberikan efek positif bagi perekonomian. Namun, sebelum seseorang
memulai atau menciptakan suatu usaha, harus dan wajib baginya dalam
meningkatkan pemahaman kewirausahaannya terkait usaha apa yang akan dirintis, bagaimana
cara mengelolanya, strategi apa yang dibutuhkan dalam menunjang keberhasilan,
bagaimana mengantisipasi dan mengatasi suatu problematika yang muncul, dan
lainnya. Disinilah pentingnya pengetahuan kewirausahaan yang dapat menjadi
bekal sebelum memulai usaha. Pengetahuan itu dapat berupa konsep kewirausahaan,
pola pikir, sikap, dan perilaku seorang dalam berwirausaha.
Apakah pengetahuan dalam kewirausahaan menjadi
satu-satunya faktor penentu keberhasilan
dalam berwirausaha?. Menurut Kalla (2011), pengetahuan penting untuk
mempersiapkan calon wirausahawan, namun demikian pengetahuan tidak serta merta
akan melahirkan seorang wirausahawan (Nursito dan Nugroho, 2013). Hal ini
menunjukkan bahwa terdapat faktor lain yang dapat menunjang keberhasilan dalam
berwirausaha, yaitu strategi pemasaran dalam berwirausaha.
Menurut Zimmerer (2008), ada 8 faktor pendorong
pertumbuhan kewirausahaan, salah satu diantaranya adalah kemajuan teknologi
(Nordiana, 2014). Penggunaan teknologi dalam kewirausahaan akan memberikan banyak
manfaat yang positif bagi keberhasilaan berwirausaha serta memberikan
banyak kemudahan dalam mengakses
informasi, perluasan jaringan dan juga untuk berkomunikasi. Maka dari itu,
kemunculan media sosial dapat menjadi solusi yang efektif dan memiliki manfaat
dalam menjalankan usaha berbasis pemasaran melalui teknologi modern, seperti
Facebook, Instagram, Shopee, Lazada, OLX, Bukalapak, dll.
Salah satu contoh produk yang dipasarkan menggunakan
strategi media sosial adalah produk kecantikan dari scarlett whitening yang
saat ini sedang menjadi produk keunggulan pada masalah kecantikan dalam merawat
kulit. Scarlett whitening yang sedang banyak digemari oleh kaum perempuan ini
mampu memasarkan dengan sukses menggunakan media sosial. Pemasaran produk scarlett
whitening ini memanfaatkan lebih dari satu media sosial yaitu Facebook,
Instagram, Lazada, dan Shopee. Produk kecantikan scarlett whitening ini mampu
membaca peluang penggunaan media sosial dikalangan masyarakat saat ini.
Kemajuan dan kecanggihan yang disuguhkan di situs
jejaring sosial tersebut berfungsi sebagai sarana dalam melakukan kegiatan
promosi, sehingga dengan mudah untuk saling bertukar informasi kepada siapa
saja melalui fasilitas yang sudah ada. Dengan rendahnya anggaran yang harus dikeluarkan
untuk mempromosikan produk yang dijual tentu ini merupakan nilai plus sebagai
sarana promosi produk yang efisien dan rendah biaya.
Bagi seorang yang memiliki fokus untuk pengembangan
dan keberhasilan dalam wirausaha, dari penelitian ini penulis melihat bagaimana
manfaat media sosial terhadap keberhasilan berwirausaha pada online shop produk
kecantikan scarlett whitening. Bagaimana peran strategis media sosial dalam
keberhasilan berwirausaha, dan bagaimana Pemanfaatan media sosial dalam
strategi pemasaran.
TUJUAN PENELITIAN
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan
menganalisis pemanfaatan media sosial terhadap keberhasilan berwirausaha pada
online shop produk kecantikan scarlett whitening.
TINJAUAN PUSTAKA
Media Sosial
Media baru adalah tempat dimana saluran pesan
komunikasi terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelit meningkat
penggunaan jaringan kabel dan komputer; keterlibatan audiens dalam proses
komunikasi yang semakin meningkat; semakin seringnya terjadi komunikasi
interaktif (dua sisi); dan juga meningkatnya derajat fleksibilitas untuk
menentukan bentuk dan konten melalui digitalisasi dari pesan. Media baru ini
juga terkait dengan network atau jaringan, dimana terdapat kecenderungan dalam
network society hubungan itu sendiri merupakan hal yang terpenting dibanding
faktor-faktor atau unit dimana bereka terhubung. Hal ini disebut hubungan
artikulasi. Hubungan menguap pada permukaan setiap sub-sistem yang ada dalam
masyarakat. Mereka mulai tersadar karena kombinasi dari sosial dan jaringan
media. Efeknya berpengaruh pada perubahan ekonomi, politik, pemerintahan, budaya
dan gaya hidup sehari- hari (Paramita, 2016).
Media sosial adalah sebuah media online dengan para
penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi
meliputi : blog, sosial networking, wiki, forum dan dunia maya. Blog, sosial
networking, dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh
masyarakat di seluruh dunia (Alamsyah et al., 2007)
Peran media sosial semakin diakui dalam mendongkrak
kinerja bisnis. Media sosial memungkinkan bisnis kecil dapat mengubah cara
berkomunikasi dengan pelanggan, memasarkan produk dan jasa serta saling
berinteraksi dengan pelanggan yang bertujuan untuk membangun hubungan yang baik
(Rahayu & Laela, 2018).
Wirausaha
Kewirausahaan merupakan kemampuan kreatif dan
inovatif, jeli melihat peluang dan selalu terbuka untuk setiap masukan dan
perubahan yang positif yang mampu membawa bisnis terus bertumbuh serta memiliki
nilai. Tujuan kewirausahaan sosial adalah terwujudnya perubahan sosial ke arah
yang lebih baik atau positif dan memecahkan masalah sosial untuk kepentingan
masyarakat. (Rintan Saragih, 2017).
Manfaat dari kewirausahaan sosial adalah untuk
membangun sebuah bisnis sebagai solusi untuk permasalahan sosial ekonomi,
pendidikan, lingkungan dan berbagai permasalahan yang telah menjadi tantangan
dunia (Rintan Saragih, 2017).
Minat Berwirausaha
Minat adalah kecenderungan dan keinginan yang besar
terhadap sesuatu yang terdiri dari suatu perasaan senang, harapan, perasaan
tertarik, yang muncul karena kemauan dan kecendrungan- kecendrungan yang lain
yang mengarahkan seseorang kepada suatu pilihan atau motif. (Rahayu & Laela, 2018).
Minat wirausaha adalah keinginan, ketertarikan,
serta kesediaan untuk bekerja keras atau berkemauan untuk berusaha memenuhi
kebutuhan hidupnya tanpa merasa takut akan risiko yang akan dihadapi, belajar
dari kegagalan yang dialami, serta mengembangkan usaha yang diciptakannya.(Rahayu & Laela, 2018)
Keuntungan Berwirausaha
Beberapa faktor yang menunjang perkembangan usaha
wanita dalam berwirausaha, antara lain: (1) Naluri wanita yang bekerja lebih
cermat, pandai mengantisipasi masa depan, mejaga keharmonisan, kerjasama dalam
rumah tangga dapat diterapkan dalam kehidupan usaha (2) Mendidik anggota
keluarga agar berhasil di kemudian hari, dapat dikembangkan dalam personel manajemen perusahaan (3) Faktor adat istiadat, contohnya di Bali dan
Sumatera Barat di mana wanita memegang peranan dalam megatur ekonomi rumah
tangga (4) Lingkungan kebutuhan hidup seperti kecantikan, fashion, jahit
menjahit, kosmetika mendorong lahirnya wanita pengusaha yang mengembangkan
komiditi tersebut dan (5) Majunya dunia pendidikan wanita sangat mendorong perkembangan
wanita menjadi pegawai atau membuka usaha sendiri di berbagai bidang (Munfaqiroh, 2016).
Kendala Berwirausaha
Selanjutnya
ada beberapa kendala atau hambatan dalam menjalankan usaha antara lain:(1)
Terlalu banyak pikiran (2) Empati berlebihan (3) Manajemen bisnis dan (4) Takut
gagal (Munfaqiroh, 2016).
Dari tinjauan pustaka di atas dapat disimpulkan
bahwa media sosial memiliki peran penting dalam berwirausaha. Dimana masyarakat
saat ini banyak menggunakan media sosial sebagai melakukan transaksi dengan mudah.
Dalam berwirausaha seorang wirausahawan harus mempunyai kemauan yang besar dan
memiliki daya kreatif dan inovatif yang tinggi untuk mencapai keberhasilan
dalam berwirausaha. Dalam berwirausaha tentunya memiliki keuntungan dan
kendala. Dimana seorang wirausahawan harus dapat bangkit dalam mengalami
kendala.
PEMBAHASAN
Pemanfaatan Media
Sosial dalam Strategi Pemasaran
Kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan
sesuatu yang baru dan berbeda melalui pemikiran yang berbeda yaitu pemikiran
kreatif dan tindakan inovatif demi terjadinya peluang. Mereka yang menjadi
wirausaha adalah orang-orang yang mengenal potensi dan mampu belajar
mengembangkannya untuk menangkap peluang serta mengorganisasi usaha dalam
mewujudkan cita-citanya. Peluang usaha harus dimanfaatkan secara maksimal oleh
wirausahawan. Wirausahawan harus mampu memperhatikan hal-hal yang menjadi
faktor-faktor keberhasilan dalam usaha
yaitu sikap mental, manajemen, kepemimpinan, keterampilan praktis serta faktor
politik, kepercayaan dan keamanan.
Untuk memulai usaha, seorang pemula harus ditopang
dengan pengetahuan yang mumpuni terkait dengan apa itu kewirausahaan dan
bagaimana menjalankannya karena tanpa pengetahuan dasar terkait kewirausahaan
tersebut maka pelaku wirausaha tidak akan tahu bagaimana cara memulai
menjalankan bisnis mereka. Suksesnya suatu usaha dapat dihasilkan oleh pelaku
usaha serta dari lingkungan eksternalnya. Hal yang harus diperhatikan dalam
berwirausaha adalah bagaimana memanfaatkan peluang dengan baik, sehingga dapat
menjalankan tugas sesuai dengan kondisi pasar.
Kemampuan usaha memiliki peranan yang sangat penting
dalam menjalankan suatu usaha dan berdampak pada keberhasilan usaha. Namun, di
dalam mempengaruhi keberhasilan usaha tersebut harus dapat berjalan
bersama-sama dengan kemampuan lainnya. Seorang wirausaha yang memiliki
keterampilan usaha memadai, sulit untuk bisa meningkatkan keberhasilan usahanya.
tanpa memiliki kemauan kuat dari dalam untuk melakukan aktivitasnya atau kata
lain adalah sikap dari seorang wirausahawan itu sendiri. Begitu juga jika
seorang wirausaha memiliki keamauan yang tinggi, akan sulit untuk meningkatkan
keberhasilan usahanya tanpa memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk
bekerja. Seseorang dapat dikatakan seorang wirausaha yang baik dan sukses,
tentu memiliki ciri-ciri wirausaha sebagai berikut:
1. Memiliki keberanian dan mempunyai daya kreasi
Seorang
wirausaha haruslah memiliki keberanian dalam memiliki daya kreasi atau tidak
takut untuk bermimpi. Segala ketakutan akan menjadi suatu hal yang sia-sia
dalam bermimpi dan berencana. Setidaknya harus diingat STOP (Stop “berhenti”,
Think “berpikir”, Observation “observasi, dan Plan “rencana”) apabila terjadi
hal-hal yang membuat ide tersebut tertunda.
2. Berani mengambil risiko
Seseorang
dikatakan wirausaha apabila memiliki sifat berani mengambil risiko, hal ini tentu saja harus sejalan dengan perencanaan yang sebelumnya telah
dilakukan serta pengamatan yang dilakukannya
terhadap ide yang dimilikinya.
3. Memiliki semangat dan kemauan yang besar
Seorang
dapat dikatakan wirausaha selain berani mengambil risiko haruslah memiliki
semangat dan kemauan yang besar untuk sukses.
4. Memiliki analisis yang tepat
Seseorang
dapat dikatakan wirausaha apabila memiliki pengetahahuan yang tepat untuk
membuat analisis yang tepat, diusahakan mendekati 100% benar.
5. Tidak konsumtif
Ini
adalah penyakit untuk masa sekarang. Seorang wirausaha haruslah tidak konsumtif
atau setidaknya konsumsinya jauh lebih sedikit dari penghasilannya.
6. Memiliki jiwa pemimpin
Jiwa
pemimpin harus dimiliki seorang wirausaha. Dengan ini mereka mampu
mengembangkan usaha menjadi lebih maju.
7. Berorientasi pada masa depan
Seorang
wirausaha yang inovatif dan kreatif akan memiliki ciri-ciri wirausaha yang lain
maka seorang wirausaha akan memiliki kemampuan ini.
Keberhasilan dalam berwirausaha tergantung pada cara
yang digunakan dalam pemasarannya. Profit dalam suatu usaha juga tergantung
pada strategi pemasaran yang dilakukan oleh wirausahawan. Di era globalisasi
ini, salah satu strategi pemasaran yang memiliki manfaat untuk dilakukan adalah
memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran dalam berwirausaha.
Pemanfaatan media sosial dalam keberhasilan berwirausaha berimplikasi terhadap
kinerja suatu bisnis.
Media sosial dapat digunakan sebagai salah satu
sarana pemasaran yang saat ini sedang banyak banyak diminati oleh masyarakat
untuk mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan. Masyarakat saat ini sudah
mulai meninggalkan model pemasaran konvensional/tradisional dan mulai beralih
ke pemasaran modern yaitu melalui media sosial. Dengan media sosial, komunikasi
dan transaksi dapat dilakukan setiap waktu atau real time dan bias mengglobal atau mendunia.
Selain itu, media sosial sebagai sebuah media online
dengan berbagai fitur kemudahan yang ditawarkan untuk penggunanya. Maka dari
itu media sosial sangat mudah untuk menjangkau masyarakat yang sudah
meninggalkan model pemasaran yang konvensional ini. Strategi pemasaran melalui
media sosial ini sangat memiliki manfaat bagi wirausahawan. Seperti produk
kecantikan scarlett whitening yang memiliki strategi pemasarannya melalui media
sosial sangat berdampak positif untuk mengenalkan produk kecantikannya pada
masyarakat yang aktif menggunakan media sosial tanpa harus menawarkan produknya
melalui door to door.
Berhasil atau tidaknya strategi pemasaran yang
ditawarkan oleh wirausahawan bergantung pada bagaimana kinerja yang sudah
dilakukan oleh wirausahawan itu sendiri. Selain itu dari bagaimana seorang
wirausaha memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya. Oleh karena itu seorang
wirausaha harus bisa memahami kondisi pasar saat ini. Penggunaan sumber daya yang efektif dan efisien mampu
untuk menentukan kinerja seorang wirausahawan. Seorang wirausaha memiliki
karakteristik yang berbeda-beda dan praktek mereka juga bervariasi. Karena itu
penting untuk memahami hubungan antara karakteristik seorang wirausaha dengan
kinerja pemasaran suatu produk melalui strategi.
Promosi adalah kegiatan dalam pemasaran yang
dilakukan dengan cara memperkenalkan barang kepada masyarakat dan bertujuan
untuk meningkatkan penjualan. Promosi merupakan salah satu untuk mempengaruhi
konsumen, baik langsung maupun tidak langsung. Sehubungan dengan teknologi,
promosi di sini dilakukan melalui online sehingga efektifitas kinerja bisnis
tercapai, ditambah lagi dengan penggunaan tenaga dan modal yang lebih sedikit.
Susrini mengemukakan tentang beberapa keuntungan
memiliki bisnis online, yaitu:
1. Modal yang dibutuhkan untuk membuat took
online sangat minim, kita hanya butuh aplikasi e-commerce (banyak yang tersedia gratis) dan biaya koneksi
internet.
2. Untuk komponen tempat, took online bisa
memanfaatkan tempat (domain dan hosting) yang tersedia gratis di
internet. Tetapi jika memilih tempat yan berbayar, biaya yang dibutuhkan kurang
lebih Rp 600.000 pertahun. Jauh lebih murah dari sewa took fisik.
3. Took online punya jangkauan yang lebih
luas dibandingkan took fisik.
4. Waktu operasional tidak terbatas.
Salah
satu strategi yang mendukung dalam pengembangan usaha, dapat dilakukan dengan
membuat website, ada dua hal yang sangat penting yaitu “Domain” dan “Hosting”.
Domain yaitu identitas sebuah website di internet. Domain biasanya didapat
dengan cara membeli dari lembaga pengelola domain atau para reseller domain.
Hosting adalah tempat untuk menyimpan data dan file website disebuah server
yang terhubung dengan jaringan internet. Biasanya website mempunyai link ke
Facebook dan Twitter. Strategi ini penting, karena perusahaan menggunakan media
sebagai tempat promosi yang jangkauannya lebih luas dibandingkan dengan yang
tidak menggunakannya.
Peran Media Sosial dalam Keberhasilan Berwirausaha
Hal terbaru yang didapat dari bab kajian teori
menurut para ahli yang dikaitkan dengan judul Pemanfaatan Media Sosial terhadap
Keberhasilan Berwirausaha pada Produk Kecantikan Scarlett Whitening yaitu bahwa
peran media sangat memiliki manfaat untuk melakukan strategi pemasaran. Karena
selain memberi informasi kepada konsumen yang berupa teks, gambar, audio, dan
video seorang wirausahawan juga memperkenalkan produk yang di jualnya untuk
menarik perhatian konsumen.
Strategi pemasaran melalui media sosial ini merupakan strategi yang efektif dan penting.
Karena melakukan penjualan menggunakan media sosial sebagai tempat untuk
promosi jangkauannya lebih luas dibandingkan dengan berjualan tanpa menggunakan
media sosial. Manfaat yang dirasakanpun cukup banyak antara lain sebagai alat
promosi produk atau jasa, memperluas akses kepada konsumen agar lebih banyak
lagi, memudahkan transaksi untuk meningkatkan penjualan. Hasil dari penelitian
ini menunjukkan bahwa aplikasi media sosial sebagai strategi pemasaran yang
digunakan oleh produk kecantikan scarlett whitening ini alat yang paling
efektik untuk pemberdayaan dari produk kecantikan tersebut.
Teknologi informasi saat ini sangat berpengaruh
terhadap kepentingan strategi pemasaran suatu bisnis. Strategi pemasaran dapat
dilakukan dengan media yang tepat untuk bisa meraih pasar yang di tuju sehingga
volume penjualan selalu meningkat dan profit. Strategi pemasran yang tepat akan
mendukung keberhasilan suatu usaha, menjadikan lebih efekjtif dan efisien
sesuai dengan STP (segmentasi, target pasar, positioning) yang dituju oleh
suatu bisnis tersebut.
Kemampuan berwirausaha seseorang memiliki peranan
yang sangat penting terhadap keberhasilan usaha. Selain memiliki kemampuan ada
hal yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha yaitu kemauan kuat dari pelaku
wirausaha untuk melalukan aktivitasnya terhadap produk yang sudah dijualnya,
hal ini lebih kepada sikap pelaku wirausaha dalam menjalankan usahanya karena
keterampilan usaha saja tidak akan cukup. Begitu juga sebaliknya jika hanya
memiliki kemauan tanpa memiliki keterampilan dan pengetahuan kerja maka tidak
akan cukup juga.
Ada
beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam berwirausaha yaitu:
1. Kemauan keras dan memiliki tekad yang
kuat, artinya sebuah usaha akan sukses dijalankan ketika pelaku wirausaha
menjalankan usahanya dengan memiliki tekad, semangat, dan kemauan yang keras.
Ketika ketiga hal ini dijalankan bersamaan, maka pelaku wirausaha akan tetap
optimis dalam menjalankan usahanya meskipun usahanya sedang kacau. Pelaku usaha
akan selalu termotivasi untuk sukses sehingga mau untuk belajar lagi. Ini
merupakan bekal yang sangat penting untuk keberhasilan wirausaha.
2. Memiliki modal yang cukup, artinya
memiliki modal untuk menjalankan dan mengembangkan suatu usaha itu perlu.
Karena modal merupakan komponen utama dalam berwirausaha yang tidak bisa
tergantikan oleh apapun. Jadi, sebelum memulai usaha sebaiknya calon pelaku wirausahawan
sudah memiliki modal yang cukup untuk usaha yang akan dijalani agar kedepannya
bisa berjalan dengan lancer.
3. Tahu persis akan target pasar, seorang
wirausahawan harus tahu siapa yang menjadi target pasarnya. Dalam hal ini,
target pasar yang tepat merupakan faktor yang juga menentukan berhasil tidaknya
wirausaha.
4. Pelayanan yang baik, sebuah usaha yang
siap berkembang adalah usaha yang memiliki pelayanan yang baik. Ketika seorang
wirausaha ramah dan baik kepada konsumen, maka akan mudah untuk mendapatkan
pelanggan yang loyal.
5. Networking yang luas, networking inilah
yang akan membuat usaha seorang wirausaha dikenal oleh orang lain, masyarakat,
bahkan seluruh dunia. Networking juga memudahkan kita dalam berbisnis, untuk
itulah mulai dari awal bangunlah networking anda seluas mungkin agar mengalami
kelancaran dan kemudahan dalam menjalankan bisnis.
6. Pemasaran yang efektif, pemasaran yang
baik dan efektif juga dapat mempengaruhi keberhasilan sebuah usaha. Tentu
dibutuhkan teknik marketing yang kuat untuk menjangkau pasar yang diinginkan.
Oleh karena itu, pastikan teknik pemasaran sudah dikuasai oleh seorang
wirausaha untuk memulai bisnisnya.
7. Inovasi dan kerativitas tinggi, faktor
lain yang mempengaruhi keberhasilan kegiatan wirausaha adalah adanya inovasi
dan juga kreativitas tinggi dalam membuat dan mengembangkan bisnis. Dalam
berbisnis tentu aka nada banyak pesaing yang juga menjalankan bisnis yang sama.
Untuk itulah, penting bagi seorang wirausaha untuk memiliki inovasi dan
kreativitas agar produk kita berbeda dengan pesaing. Semakin kita kreatif dalam
berbisnis, maka peluang untuk sukses pun semakin besar.
Online Shop Produk
Kecantikan Scarlett Whitening
Perkembangan teknologi saat ini semakin canggih dan
penyebarannya sangat cepat. Perkembangan teknologi memberikan pengaruh yang
besar terhadap berbagai aspek kehidupan, salah satunya bidang bisnis. Dahulu
sebelum munculnya internet, kegiatan jual beli dapat dilakukan dengan adanya
pertemuan langsung antara penjual dan pembeli. Online shop adalah suatu
tindakan menjual atau membeli produk dan layanan melalui internet. Di Indonesia
sendiri online shop berkembang sekitar tahun 2000-an.
Dengan adanya online shop masyarakat semakin mudah
dalam melakukan transaksi jual beli tanpa harus bertatap muka. Online shop
tentunya memiliki manfaat yaitu,
kegiatan berbelanja menjadi lebih mudah dan praktis, membutuhkan modal yang
relative kecil bagi penjualnya, dapat
menjalankan pekerjaan lain, kemudahan dalam melakukan transaksi, dan keamanan
dalam melakukan transaksi.
Selain memiliki manfaat tentu saja online shop
memiliki kelebihan dan kekurangan, dimana keberadaan online shop memberikan
daya Tarik sendiri bagi kehidupan masyarakat. Bahkan, sebagian orang gemar
melakukan aktivitas berbelanja online daripada harus belanja konvensional.
Meskipun banyak kelebihan yang ditawarkan oleh online shop, namun ada beberapa
kekurangan yang dimiliki oleh online shop. Berikut ini kelebihan dan kekurangan
online shop:
Kelebihan
Online Shop:
1. Memberikan kenyamanan
2. Dapat membandingkan harga terbaik
3. Banyak variasi
4. Menghemat waktu dan tenaga
Kekurangan
Online Shop:
1. Produk yang dijual tidak sesuai gambar
2. Keterlambatan dalam pengiriman
3. Resiko penipuan
4. Pelayanan pelanggan
Salah satu produk online shop kecantikan yang
ditawarkan dalam media sosial adalah produk kecantikan scarlett whitening. Memiliki kulit putih dan cerah ala bintang
Korea sudah pasti menjadi dambaan setiap wanita. Sekarang ini yang sedang trend
digunakan sebagai salah satu bahan produk whitening adalah gluthatione.
Gluthatione ini merupakan salah satu kandungan yang
terdapat di produk scarlett whitening, produk
whitening yang dirilis oleh artis Felicya Angelista yang sekarang sedang hits
di sosial media. Produk scarlett
whitening ini aman dan sangat simple. Produk tersebut terdiri dari tiga
macam yang dapat digunakan, daily untuk mencerahkan kulit yaitu shower scrub,
facial wash, dan body lotion.
Scarlett whitening shower scrub digunakan sebelum
mandi, bermanfaat untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati diseluruh tubuh.
Shower scrub scarlett whitening hadir dalam tiga varian warna dan aroma yaitu
warna ungu dengan aroma pomegranate, warna kuning dengan aroma mango, dan aroma
khas cucumber yang berwarna hijau. Ketiga pilihan tersebut memiliki khasiat buah yang penting untuk kulit, selain itu
aromanya yang elegan dan premium memberikan keharuman yang tahan lama meskipun
berjam-jam setelah mandi. Scarlett whitening shower scrub memiliki tekstur cair
dengan titik-titik scrub yang efektif dan efisien mengangkat sel kulit mati dan
memberikan sensani mandi ala princess.
Perawatan berikutnya dengan scarlett whitening
fasial wash yang akan membersihkan wajah hingga pori-pori terdalam. Fasial wash
ini mengandung bahan alami seperti aloe vera dan rose petals yang memberi kesejukan,
menyegarkan, dan melembutkan kulit. Gluthatione yang bersifat mencerahkan,
vitamin E untuk menutrisi, dan bahan alami lainnya yang sangat penting untuk
kesehatan wajah. Teksture face wash nya berupa gel yang lembut diaplikasikan
dikulit wajah.
Scarlett whitening body lotion hadir dengan 2 varian
aroma elegan yaitu romansa dengan botol pink, dan fantasia dengan botol warna
hijau muda. Body lotion ini sangat ampuh memutihkan kulit tubuh bahkan sejak
pemakaian pertama, dapat melindungi dari polusi dan sinar UV, serta mencerahkan
sepanjang hari.
Pengguna produk kecantikan scarlett whitening ini
tidak dapat dipresentasikan karena tidak ada yang valid mengenai pengguna
produk kecantikan ini. Namun, dapat dilihat dari jumlah pengikut dalam akun
Instagram scarlett whitening yang berjumlah 1,1 juta pengikut. Banyaknya
pengikut yang dimiliki akun Instagram scarlett whitening bisa menjadi tolok
ukur jumlah peminat produk scarlett whitening. Jumlah yang fantastis itu
membuktikan bahwa masyarakat yang lebih dari 1 juta pengikut tertarik pada
produk scarlett whitening.
Penulis tertarik untuk mencari tahu pemanfaatan
media sosial terhadap keberhasilan berwirausaha pada online shop produk
kecantikan scarlett whitening karena banyaknya peminat yang menggunakan produk
tersebut.
SIMPULAN DAN SARAN
Simpulan
Dalam
pengembangan kewirausahaan, baik untuk pelaku wirausaha pemula maupun yang
sudah berpengalaman dalam mengelola usah, kemampuan dari seorang wirausaha
menjadi peranan yang sangat penting
terhadap keberhasilan suatu usaha. Kemampuan itu tidak dapat dalam proses yang
pendek melainkan proses yang memiliki waktu yang panjang seperti harus
mengalami jatuh bangun terlebih dahulu.
Sedangkan pemanfaatan media sosial menjadi salah satu strategi penting dalam
melakukan pemasaran yang tepat untuk mendukung sebuah keberhasilan suatu
bisnis. Hal ini tentunya didasari oleh pengetahuan dan kemampuang seorang
wirausaha dalam menganalisis target pasar serta mampu memanfaatkan alat
komunikasi sebagai strategi pemasarannya. Karena semakin hari kemajuan
teknologi ini semakin canggih perkembangannya dan berimplikasi terhadap
pemanfaatan media sosial dalam mengelola usaha untuk mencapai keuntungan
penjualan produk melalui aplikasi yang sedang digemari oleh masyarakat saat
ini.
Seperti
produk kecantikan scarlett whitening yang berhasil menjadi dambaan bagi setiap
kaum wanita untuk memanjakan kulit tubuhnya. Scarlett whitening ini
memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran produknya. Alhasil produk
kecantikan ini banyak dikenal oleh masyarakat karena pemanfaatan media
sosialnya dan cara mengajak masyarakat untuk menggunakan produknya. Promosi
yang dilakukan oleh scarlett whitening ini di media sosial sangat kreatif dan
inovatif. Tidak salah jika produk ini selalu muncul di berbagai media sosial
karena kekonsistenannya dalam mempromosikan produknya dan melahirkan
distributor-distributor yang lain untuk membuka usaha scarlett whitening ini.
Saran
Berdasarkan
simpulan di atas yaitu bahwa melakukan strategi pemasaran dengan media sosial
sangat memiliki peran yang penting. Oleh karena itu, seorang wirausaha harus
mampu membaca target pasar karena hal ini dapat menentukan berhasil tidaknya
sebuah usaha. Sebagai seorang wirausaha harus mampu mengikuti tren pasar saat
ini dan mempunya strategi pemasaran bukan hanya konvensional saja melainkan
memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini seperti penggunaan media sosial
yang sekarang banyak sekali diminati oleh masyarakat pada umumnya.
DAFTAR PUSTAKA .
Alamsyah, M. I., Studi, P., Sekolah, A., Ilmu, T.,
Indonesia, E., Sosial, M., & Awarenes, B. (2007). Pengaruh inovasi
produk dan media sosial terhadap brand awareness. (448), 169–187.
Munfaqiroh, S. (2016). Faktor yang mempengaruhi wirausaha
wanita miskin untuk mencapai keberhasilan ksaha. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan
Ekonomi Asia, 10, 57–65. https://doi.org/10.32812/jibeka.v10i2.74
Paramita, S. (2016). Entrepreneurship dan new media pada
generasi muda. Kaji Tindak Jurnal Pemberdayaan Masyaraka, 3(1),
1–8. Retrieved from
http://lpkmv-untar.org/jurnal/index.php/kajitindak/article/view/35
Rahayu, E. S., & Laela, S. (2018). Pengaruh minat
berwirausaha dan penggunaan sosial media terhadap kewirausahaan mahasiswa. Jurnal
Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 203. https://doi.org/10.33370/jpw.v20i3.246
Rintan Saragih. (2017). Membangun usaha kreatif, inovatif dan
bermanfaat melalui penerapan kewirausahaan. Jurnal Kewirausahaan, 3(DESEMBER),
26–34. Retrieved from http://jklmii.org
Komentar
Posting Komentar